Sedang membaca:

Yang perlu Anda tahu tentang pembiayaan ulang (refinancing) pinjaman rumah

Yang perlu Anda tahu tentang pembiayaan ulang (refinancing) pinjaman rumah

  • 25 April 2018
  • OCBC Home Loans

Jangan lewatkan pertimbangan ini sebelum memutuskan untuk melakukan pembiayaan ulang dengan bank lain atau menyesuaikan suku bunga pinjaman rumah Anda.

Pembiayaan ulang pinjaman rumah mungkin rumit jika Anda tidak sepenuhnya mengetahui semua hal yang perlu dipertimbangkan. Selain itu, pinjaman rumah juga makin mahal karena suku bunga diperkirakan akan naik. Itulah mengapa artikel ini siap membantu. Kami sudah menuliskan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan pembiayaan ulang dengan bank lain atau menyesuaikan suku bunga pinjaman rumah Anda.

1. Manfaat nyata

Anda dapat mempertimbangkan pembiayaan ulang jika ada manfaat nyata, seperti penghematan bunga atau fasilitas tambahan untuk tujuan investasi.

Misalkan ada pinjaman sebesar $500.000 dengan sisa tenor 25 tahun dan paket Suku Bunga Tetap 2 Tahun, dengan asumsi tidak ada perubahan suku bunga lebih lanjut dalam 3 tahun ke depan. Penghematan bunganya adalah $1.940 selama 3 tahun, yang mungkin tidak cukup untuk menutup biaya pemindahan pinjaman.

Untuk jumlah pinjaman yang sama dengan tenor yang sama, penghematan bunganya proporsional. Dalam contoh ini, untuk setiap pinjaman sebesar $100.000, penghematan bunganya $388 selama 3 tahun.

Pinjaman $500.000
25 tahun
Paket pinjaman rumah saat ini Paket yang dipertimbangkan Penghematan bunga
(setahun penuh)
% p.a. Suku bunga tahunan % p.a. Suku bunga tahunan
Tahun 2018 2.00% $9.858 1.85% $9.116 $742
Tahun 2019 2.00% $9.543 1.85% $8.819 $724
Tahun 2020 2.00% $9.223 1.90% $8.749 $474
Penghematan bunga untuk Tahun ke-1 hingga 3 untuk pinjaman $500.000, tenor 25 tahun $1.940
Penghematan bunga untuk Tahun ke-1 hingga 3 untuk setiap $100.000, tenor 25 tahun $388

2. Biaya penalti untuk pinjaman yang dibayar selama periode penahanan

Beberapa paket pinjaman rumah memiliki periode penahanan dan biaya penalti. Di pasar, periode penahanan untuk pinjaman rumah biasanya 2 atau 3 tahun. Jadi, jika pinjaman rumah saat ini masih dalam periode penahanan, akan ada biaya penalti untuk membayar pinjaman lebih awal. Dalam skenario ini, pelanggan sebaiknya hanya membiayai ulang pinjaman mereka jika penghematan dari komitmen baru ini lebih besar dari biaya penaltinya.

Setelah periode penahanan, Anda dapat memilih untuk melakukan pembiayaan ulang di bank lainnya atau restrukturisasi pinjaman dengan bank Anda saat ini.

3. Clawback subsidi

Jika bank Anda saat ini telah memberikan subsidi seperti subsidi valuasi atau legal, Anda harus membayarkan subsidi-subsidi ini saat pinjaman dilunasi selama periode clawback. Periode clawback biasanya 3 tahun sejak tanggal pencairan pinjaman.

4. Biaya pembiayaan ulang

Anda harus membayar biaya valuasi dan hukum saat memindahkan pinjaman ke bank lain. Sebagian besar bank memberikan subsidi, atau sering disebut imbalan tunai, untuk menutup biaya pembiayaan ulang, tetapi mungkin tidak cukup untuk menutup semua biayanya. Biaya pembiayaan ulang meliputi biaya valuasi dan hukum.

5. Pandangan holistik yang lebih dari sekadar harga

Karena pinjaman rumah adalah komitmen jangka panjang, Anda harus melihat seluruh paket untuk mengetahui mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, termasuk pemberian saran dari bank.

Secara umum, Anda harus meninjau pinjaman rumah setiap beberapa tahun sekali untuk melihat apakah lebih untung melanjutkan paket saat ini atau tidak, terutama setelah periode penahanan. Anda juga disarankan untuk menanyakan pilihan restrukturisasi pada bank agar tidak perlu repot mengajukan pinjaman ulang dengan bank lain.

Penafian

Informasi yang tertera di sini hanya merupakan informasi umum. Informasi ini tidak mempertimbangkan tujuan investasi tertentu, kondisi keuangan, atau kebutuhan khusus dari seseorang, serta bukan merupakan penawaran atau ajakan dari OCBC Bank untuk memberikan pinjaman atau pembiayaan kepada siapa pun atau untuk melakukan transaksi.

Semua pernyataan atau jaminan terkait informasi apa pun yang diberikan di sini tidak diberikan oleh OCBC Bank. Semua informasi yang diberikan dapat berubah tanpa pemberitahuan. OCBC Bank tidak bertanggung jawab atau tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas kerugian atau kerusakan apa pun yang timbul, secara langsung maupun tidak langsung, terkait atau akibat siapa pun yang mengambil tindakan berdasarkan informasi yang diberikan di sini. Referensi apa pun kepada entitas, otoritas, area, angka, properti, atau kelas aset tertentu dengan cara apa pun, hanya digunakan untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan rekomendasi.

Konten artikel ini dianggap sebagai informasi hak milik dan tidak boleh direproduksi atau disebarkan secara keseluruhan atau sebagian, tanpa izin tertulis dari OCBC Bank.