Sedang membaca:

Asuransi untuk pemilik rumah

Asuransi untuk pemilik rumah

  • 16 Oktober 2018
  • OCBC Home Loans

Asuransi rumah melindungi rumah dan barang berharga Anda dari bahaya yang tak terduga seperti kebakaran dan pencurian. Pelajari selengkapnya tentang berbagai jenis asuransi rumah, serta berikan Anda dan keluarga ketenangan pikiran.

Apa itu asuransi Kebakaran?

Asuransi kebakaran menutup kerugian atau kerusakan struktur bangunan serta peralatan dan perlengkapan asli dalam properti. Contoh peralatan dan perlengkapan asli adalah lantai, langit-langit, pintu, dan jendela asli yang dipasang oleh pengembang. Perhatikan bahwa perbaikan atau renovasi apa pun oleh pemilik atau pemilik sebelumnya, perabot rumah tangga, barang pribadi, dan barang berharga di dalam rumah tidak termasuk dalam polis asuransi kebakaran.

Banyak pemilik salah mengira bahwa asuransi kebakaran hanya menutup kerugian atau kerusakan pada bangunan akibat kebakaran. Sebenarnya, asuransi kebakaran dapat mencakup peristiwa lain seperti ledakan akibat api, ledakan dan luapan tangki dan pipa air, kerusakan berbahaya, dan sebagainya. Cakupannya berbeda-beda untuk setiap polis asuransi kebakaran, dan Anda harus membaca ketentuan polis asuransi kebakaran yang relevan apabila membutuhkan informasi spesifik tentang cakupan asuransi.


Apa itu asuransi Perabot Rumah?

Asuransi perabot rumah adalah polis yang melengkapi asuransi kebakaran. Asuransi perlindungan rumah ini lebih menyeluruh dan melindungi pemilik rumah dari kerugian atau kerusakan pada bagian yang diperbaiki atau direnovasi sendiri atau oleh pemilik sebelumnya, perabot rumah tangga, barang pribadi, dan barang berharga di dalam rumah. Sering kali, banyak pemilik rumah tidak menggunakan asuransi perabot rumah karena mengira asuransi kebakaran sudah mencakup semuanya.

Barang-barang seperti lemari, lantai vinil, furnitur, peralatan listrik, koleksi jam tangan, dan tas tangan mewah akan termasuk dalam asuransi perabot rumah. Mirip dengan asuransi kebakaran, asuransi perabot rumah mencakup sejumlah peristiwa seperti kebakaran, petir, ledakan, dan pencurian.

Apalagi yang termasuk dalam asuransi Perabot Rumah?

Selain barang-barang fisik dalam rumah, asuransi perabot rumah mencakup pemilik dan anggota rumah tangga yang mengalami cedera tubuh apa pun saat terjadi kecelakaan. Pemilik dan anggota rumah tangga juga terlindungi dari tanggung jawab hukum apa pun kepada pihak ketiga yang mengalami cedera tubuh, kematian, dan kerusakan properti akibat kecelakaan tersebut. Hal ini bermanfaat saat kebakaran terjadi dalam rumah dan menyebar ke unit tetangga sehingga pemilik rumah harus bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang dialami tetangga.

Asuransi perabot rumah juga memberikan manfaat seperti penggantian biaya akomodasi sementara atau kerugian pendapatan sewa, apabila properti sedang direstorasi.

Berapa besar cakupan yang memadai?

Besar cakupan bergantung pada jumlah yang diinginkan oleh pemilik rumah. Perkiraan yang baik meliputi total biaya renovasi, perabot rumah tangga, barang pribadi, dan barang berharga di dalam rumah. Anda juga harus meninjau polis setiap tahun untuk memastikan cakupannya memadai, atau apabila ada renovasi besar atau penambahan barang bernilai tinggi di dalam rumah.


Apa itu asuransi Hipotek?

Asuransi hipotek melindungi anggota keluarga dari tanggung jawab pemilik rumah, yaitu pinjaman rumah yang belum terbayar. Jadi, apabila pemilik rumah meninggal, mengalami cacat fisik permanen, atau didiagnosis punya penyakit kritis atau terminal, tanggungan dari pemilik rumah tidak akan kehilangan tempat tinggal. Cakupan untuk setiap polis asuransi hipotek berbeda-beda. Bacalah ketentuan polis asuransi hipotek yang relevan apabila membutuhkan informasi spesifik tentang cakupan asuransi.

Rumah kita adalah aset terbesar kita, tetapi juga bisa menjadi tanggung jawab terbesar kita tanpa perencanaan yang baik. Karena sebagian besar pembelian rumah dibiayai melalui pinjaman rumah, beban itu tentunya akan diteruskan ke anggota keluarga apabila terjadi sesuatu pada pemilik rumah. Inilah kegunaan dari asuransi hipotek.

Perlukah Anda membeli asuransi Hipotek jika sudah punya asuransi Jiwa?

Meskipun asuransi hipotek dan asuransi jiwa punya kesamaan dalam hal cakupan yang luas (seperti kematian, cacat tetap total (TPD), penyakit kritis, penyakit terminal, atau penghapusan premi, dan sebagainya), asuransi hipotek punya tujuan yang sangat berbeda dengan asuransi jiwa.

Pembayaran dari asuransi jiwa harus digunakan untuk menutup pengeluaran keluarga sehari-hari (seperti biaya transportasi, bahan makanan, dan sebagainya) dan biaya hidup. Sementara itu, asuransi hipotek bertujuan untuk menutup pinjaman rumah yang belum terbayar sehingga orang-orang tersayang dari tertanggung tetap punya tempat tinggal.

Berapa besar cakupan yang harus saya ambil?

Sebagai aturan pokok, jangka waktu asuransi hipotek harus sesuai dengan jangka waktu pelunasan pinjaman rumah. Misalnya, jika masa pelunasan pinjaman rumah Anda adalah 30 tahun, carilah asuransi hipotek dengan jangka waktu 30 tahun. Aturan pokok kedua adalah jumlah yang diasuransikan, atau cakupan asuransi hipotek Anda, harus sesuai dengan jumlah pinjaman rumah dan jadwal pelunasan.

Penafian

Informasi yang tertera di sini hanya merupakan informasi umum. Informasi ini tidak mempertimbangkan tujuan investasi tertentu, kondisi keuangan, atau kebutuhan khusus dari seseorang, serta bukan merupakan penawaran atau ajakan dari OCBC Bank untuk memberikan pinjaman atau pembiayaan kepada siapa pun atau untuk melakukan transaksi.

Semua pernyataan atau jaminan terkait informasi apa pun yang diberikan di sini tidak diberikan oleh OCBC Bank. Semua informasi yang diberikan dapat berubah tanpa pemberitahuan. OCBC Bank tidak bertanggung jawab atau tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas kerugian atau kerusakan apa pun yang timbul, secara langsung maupun tidak langsung, terkait atau akibat siapa pun yang mengambil tindakan berdasarkan informasi yang diberikan di sini. Referensi apa pun kepada entitas, otoritas, area, angka, properti, atau kelas aset tertentu dengan cara apa pun, hanya digunakan untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan rekomendasi.

Konten artikel ini dianggap sebagai informasi hak milik dan tidak boleh direproduksi atau disebarkan secara keseluruhan atau sebagian, tanpa izin tertulis dari OCBC Bank.