Sedang membaca:

Biaya tersembunyi yang perlu diperhatikan saat membeli rumah

Biaya tersembunyi yang perlu diperhatikan saat membeli rumah

  • 14 Desember 2017
  • OCBC Home Loans

Beli rumah baru? Jangan abaikan biaya-biaya tersembunyi ini saat mengatur arus kas.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan tentang keuangan dalam pembelian rumah: harga beli, jumlah pinjaman, suku bunga, dan sebagainya.

Selain harga beli properti, ada biaya-biaya lainnya. Biaya-biaya “tersembunyi” ini mungkin termasuk uang muka atau biaya berulang. Mungkin nilainya tidak besar, tetapi sebaiknya jangan diabaikan — sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, dan Anda akan menyadarinya saat mengatur arus kas.

Inilah biaya-biaya yang perlu diperhatikan.

1. Bea meterai pembeli

Dalam semua pembelian dan penjualan rumah, uang muka harus dibayarkan dalam bentuk bea meterai. Ini adalah bentuk pajak yang harus Anda bayarkan ke IRAS untuk dokumen-dokumen yang disiapkan dan ditandatangani saat membeli atau menjual properti (sebagai “Bea Meterai Pembeli” dan “Bea Meterai Penjual”).

Jumlah yang dibayarkan didasarkan pada biaya aktual lebih tinggi yang dinyatakan dalam Perjanjian Jual-Beli/OTP, atau harga pasar dari properti. Anda akan dikenakan Bea Meterai Pembeli sebagai berikut: 1% untuk $180.000 pertama; 2% untuk $180.000 selanjutnya; 3% untuk $640.000 selanjutnya; dan 4% untuk sisanya.

Bea Meterai Pembeli Tambahan (ABSD) juga dapat dibayarkan mulai tanggal 6 Juli 2018 sebagai berikut:

Bea Meterai Pembeli Tambahan (ABSD) Pembelian Properti Pertama Pembelian Properti Kedua Pembelian Properti Ketiga
Warga Negara Singapura 0% 12% 15%
Penduduk Tetap Singapura 5% 15% 15%
Warga Negara Asing 20% 20% 20%
Entitas Perusahaan 25% 25% 25%
Total Bea Meterai untuk Properti $1 juta
Warga Negara Singapura $24,600 $144,600 $174,600
Penduduk Tetap Singapura $74,600 $174,600 $174,600
Warga Negara Asing $224,600 $224,600 $224,600

Untuk pembelian bersama, bea meterai pembeli tambahan yang dibayarkan akan didasarkan pada jumlah tertinggi dari semua pemohon — perhatikan bahwa pasangan suami-istri dapat mengajukan keringanan untuk biaya ini.

Bea Meterai Pembeli harus dibayarkan cukup awal, yaitu 14 hari setelah tanggal Perjanjian Jual-Beli atau tanggal penerimaan Option to Purchase (OTP). Anda harus menggunakan uang tunai untuk membayar bea meterai terlebih dahulu. Atau, Anda dapat mengajukan penggantian biaya sekali dari rekening CPF Anda bersama dengan pengajuan untuk menggunakan tabungan CPF dalam pembelian properti.

(Jika kontrak, perjanjian, atau transfer ditandatangani di luar negeri, biaya ini dapat dibayarkan 30 hari setelah penerimaan dokumen tersebut di Singapura.)

2. Biaya hukum

Biaya hukum dikenakan atas saran hukum yang Anda dapatkan sebagai pembeli rumah, mengenai hak dan kewajiban Anda terkait kontrak yang dilakukan.

Umumnya, biaya hukum mencakup pekerjaan yang dilakukan untuk pembelian, dokumentasi hipotek, dan penarikan CPF, jika ada. Biaya tambahan dari pengacara bank (jika pengacara Anda bukan merupakan bagian dari panel bank) atau pengacara Dewan CPF (jika Anda menarik dana CPF) dapat berlaku. Biaya hukum (tidak termasuk Pajak Barang dan Jasa) dapat dibayarkan dengan dana CPF.

Perhatikan bahwa sebagian besar bank mewajibkan pengacara dari panel mereka untuk menangani dokumentasi pinjaman.

3. Biaya valuasi

Biaya valuasi adalah jumlah yang Anda bayarkan untuk menerima laporan valuasi tentang nilai properti yang ingin dibeli, sesuai yang diwajibkan oleh bank atau Dewan Central Provident Fund (CPF). Biaya valuasi dibayarkan secara tunai.

Jumlahnya bergantung pada jenis properti. Untuk desktop valuation dari bangunan yang sedang dibangun, Anda dapat dikenakan biaya sekitar $50 hingga beberapa ratus dolar. Untuk properti yang sudah selesai dibangun, biayanya berkisar antara $300 hingga beberapa ribu dolar, tergantung nilai properti.

Biaya valuasi dibayarkan setelah menerima laporan valuasi, dan beberapa bank dapat mewajibkan Anda untuk membayar biaya valuasi sebagai bagian dari biaya administratif mereka.

Anda dapat membaca informasi selengkapnya di Singapore Institute of Surveyors and Valuers (SISV).

4. Biaya agen penjualan

Biaya agen penjualan merujuk pada biaya yang dibayarkan untuk layanan Agen Real Estat atau tenaga penjualan dalam transaksi properti Anda, berdasarkan harga jual properti yang diperjualbelikan.

Jumlahnya dapat langsung dinegosiasikan dengan agen penjualan. Untuk properti pribadi, komisi biasanya dibayarkan oleh penjual mulai dari 2%. Anda juga disarankan untuk memastikan apakah Pajak Barang dan Jasa sudah termasuk dalam jumlah komisi atau belum, sesuai perjanjian Anda.

Anda dapat melihat daftar agen penjualan terdaftar di Council of Estate Agencies (CEA).

5. Biaya berulang

Selain biaya-biaya yang disebutkan di atas, ada beberapa biaya berulang yang harus Anda pertimbangkan dalam anggaran dan arus kas. Biaya ini meliputi biaya pemeliharaan dan pajak properti.

Pajak properti di Singapura didasarkan pada tarif pajak yang berlaku untuk Nilai Tahunan (AV) properti. AV adalah perkiraan biaya sewa kotor tahunan jika properti disewakan, tidak termasuk biaya furnitur, penyediaan furnitur, dan pemeliharaan sesuai yang ditetapkan IRAS. Perhatikan bahwa tarif ini bervariasi, tergantung apakah properti dihuni oleh pemilik atau tidak dihuni oleh pemilik. Pajak untuk properti yang tidak dihuni pemilik lebih tinggi daripada properti yang dihuni pemilik, dan tarif pajaknya meningkat berdasarkan AV. Tarif pajak yang dihuni pemilik hanya bisa dikenakan pada satu properti yang dimiliki dan dihuni, sementara properti lainnya dikenakan tarif pajak properti yang tidak dihuni pemilik, bahkan meskipun Anda menghuninya sebagai rumah kedua.

Pemilik rumah harus melaporkan pajak properti setiap tahun setelah mendapatkan kepemilikan atas properti mereka, yang dapat dibayarkan maksimal tanggal 31 Januari. Pada akhir tahun, Anda akan menerima tagihan pajak properti untuk tahun berikutnya. Perubahan apa pun yang timbul akibat penyesuaian NAV properti Anda akan dikirimkan pada tahun yang sama.

Terakhir tetapi tidak kalah penting, Anda juga harus mempertimbangkan biaya pemeliharaan properti.

Pemilik kondo harus membayar biaya pemeliharaan yang bervariasi untuk setiap kondo. Biaya ini mencakup biaya keamanan, fasilitas, parkir, layanan, dan “biaya kontingensi”. Berdasarkan hukum, setiap kondo juga harus menyisihkan dana kontingensi untuk menutup biaya khusus apa pun yang timbul sebagai bagian dari perawatan bangunan (seperti atap baru atau perbaikan alat pemanas dan pipa).

Ingin meminimalkan biaya-biaya “tersembunyi”? Ada 2 cara:
  1. Gunakan platform mandiri.

    Ada makin banyak platform yang khusus memfasilitasi transaksi antara pembeli dan penjual rumah. Jika cukup paham prosesnya, Anda dapat melakukan transaksi penjualan sendiri sehingga mengurangi biaya perantara.

  2. Kurangi biaya hukum.

    Daripada menyewa beberapa pengacara untuk bertindak atas nama Anda, bank, dan dewan CPF, gunakan satu pengacara untuk melakukan ketiganya. Namun, perhatikan bahwa sebagian besar bank mewajibkan pengacara dari panel mereka untuk mewakili mereka.

Penafian

Informasi yang tertera di sini hanya merupakan informasi umum. Informasi ini tidak mempertimbangkan tujuan investasi tertentu, kondisi keuangan, atau kebutuhan khusus dari seseorang, serta bukan merupakan penawaran atau ajakan dari OCBC Bank untuk memberikan pinjaman atau pembiayaan kepada siapa pun atau untuk melakukan transaksi.

Semua pernyataan atau jaminan terkait informasi apa pun yang diberikan di sini tidak diberikan oleh OCBC Bank. Semua informasi yang diberikan dapat berubah tanpa pemberitahuan. OCBC Bank tidak bertanggung jawab atau tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas kerugian atau kerusakan apa pun yang timbul, secara langsung maupun tidak langsung, terkait atau akibat siapa pun yang mengambil tindakan berdasarkan informasi yang diberikan di sini. Referensi apa pun kepada entitas, otoritas, area, angka, properti, atau kelas aset tertentu dengan cara apa pun, hanya digunakan untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan rekomendasi.

Konten artikel ini dianggap sebagai informasi hak milik dan tidak boleh direproduksi atau disebarkan secara keseluruhan atau sebagian, tanpa izin tertulis dari OCBC Bank.