Sedang membaca:

Mana paket harga terbaik?

Mana paket harga terbaik?

  • 18 Agustus 2020
  • OCBC Home Loans

Membandingkan suku bunga pinjaman rumah? Pahami cara menentukan harga paket pinjaman rumah berdasarkan suku bunga referensi yang berbeda.

Pinjaman rumah adalah komitmen keuangan besar yang membuat Anda harus memilih paket pinjaman rumah yang paling sesuai. Inilah ringkasan dari beberapa jenis suku bunga pinjaman rumah untuk membantu Anda memilih paket terbaik sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Suku bunga referensi untuk pinjaman rumah

Harga paket pinjaman rumah didasarkan pada suku bunga yang menjadi patokan, atau juga dikenal sebagai suku bunga referensi.

Ada 3 kategori utama untuk perhitungan pinjaman rumah dengan suku bunga referensi yang berbeda:

  1. Ditetapkan pasar: Ditentukan oleh pasar, dan bank tunggal tidak memengaruhi nilainya, seperti Singapore Interbank Offered Rate (SIBOR) 3 bulan
  2. Dikelola bank: Bank menentukan nilai patokan dan dapat mengubahnya, biasanya dengan pemberitahuan 30 hari sebelumnya pada pelanggan, seperti suku bunga Dewan Hipotek (Mortgage Board Rates) dan suku bunga deposit tetap yang ditawarkan oleh sebagian besar bank
  3. Tetap: Bank menentukan suku bunga tetap untuk 1-3 tahun, lalu pinjaman beralih ke suku bunga yang ditetapkan pasar atau dikelola bank, seperti paket Suku Bunga Tetap 1 Tahun hingga 3 Tahun yang ditawarkan oleh sebagian besar bank

Periode penahanan

Sebelum membandingkan paket harga yang berbeda, perlu diperhatikan bahwa paket harga diberikan dengan periode penahanan yang biasanya mencapai hingga 3 tahun.

Sesuai namanya, periode penahanan “menahan” Anda selama periode waktu tertentu. Jadi, Anda akan terkena penalti jika lebih awal melakukan pembayaran pokok pinjaman sebagian atau melunasi pinjaman (dengan uang sendiri atau dana CPF, menjual properti Anda, atau melakukan pembiayaan ulang dengan bank lain) selama periode ini.

Biasanya, makin lama periode penahanan, makin rendah suku bunga untuk tahun-tahun awalnya. Perhatikan bahwa bank juga cenderung menawarkan suku bunga lebih rendah untuk periode promosi awal.

Anda akan bebas melunasi pinjaman sepenuhnya atau sebagian tanpa penalti setelah periode penahanan berakhir. Jika tidak, Anda juga dapat beralih dari satu paket harga ke lainnya setelah periode ini, tergantung regulasi yang berlaku untuk pembiayaan ulang.

Kelebihan dan kekurangan dari paket harga pinjaman rumah

Ayo kita bahas lebih dalam beberapa paket harga pinjaman rumah yang ditawarkan OCBC.

Suku bunga referensi Aspek-aspek utama
Singapore Interbank Offered Rate (SIBOR)
  • Suku bunga sepenuhnya transparan.
  • SIBOR dipublikasikan oleh Association of Banks in Singapore.
  • Untuk paket SIBOR 3 bulan, suku bunga SIBOR akan direvisi setiap 3 bulan sekali.
Suku Bunga Tetap
  • Cicilan bulanan yang stabil selama beberapa tahun pertama dengan suku bunga tetap.
  • Hanya berlaku untuk properti yang sudah selesai.
  • Ada penalti jika Anda melunasi pinjaman atau menjual properti selama periode penahanan.
Mortgage Board Rates dari OCBC
  • Suku bunga yang dikelola bank dan dapat direvisi oleh bank kapan pun dengan memberikan pemberitahuan 30 hari sebelumnya.
  • Setiap paket harga memiliki Mortgage Board Rates tertentu yang dapat diketahui dari kode unik dalam surat penawaran. Suku bunga ini dan spread yang terkait mungkin berbeda dari paket yang ditawarkan dari waktu ke waktu.
  • Apabila Mortgage Board Rates di rekening Anda bertambah, Anda dapat beralih ke paket harga OCBC lainnya tanpa biaya.
  • Anda dapat membayar lebih awal hingga 50% dari jumlah pinjaman selama periode penahanan.
Compounded Singapore Overnight Rate Average (SORA) 1 bulan
  • Compounded SORA 1 bulan untuk satu hari kerja Singapura dipublikasikan pukul 9 pagi pada hari kerja Singapura berikutnya di situs web MAS. Klik di sini untuk detail selengkapnya.
  • Suku bunga bulanan berubah. Setiap Compounded SORA 1 bulan bersifat tetap pada Tanggal Peninjauan Suku Bunga dan akan berlaku selama 1 bulan selanjutnya.
  • Dapat beralih gratis ke paket harga lainnya setelah tahun pertama (hanya untuk pinjaman baru).
  • Fleksibilitas untuk membayar lebih awal hingga 50% dari jumlah pinjaman dalam 2 tahun pertama.

Pilih paket harga yang tepat

Pada akhirnya, lebih baik memiliki pandangan holistik dan mempertimbangkan seluruh paket, tidak hanya suku bunganya. Ketentuan penting lain yang harus diperhatikan adalah penalti pembayaran lebih awal, biaya pembatalan, biaya dan tarif lainnya, serta layanan yang diberikan. Bacalah Lembar Fakta Pinjaman Properti Hunian yang diberikan saat pengajuan pinjaman untuk detail harga, perkiraan cicilan bulanan, dan bagaimana cicilan Anda akan berubah jika suku bunga bertambah.

Untuk mempersiapkan komitmen keuangan jangka panjang ini, konsultasikan dengan spesialis hipotek untuk lebih memahami pertimbangan keuangan yang terlibat.

Penafian

Informasi yang tertera di sini hanya merupakan informasi umum. Informasi ini tidak mempertimbangkan tujuan investasi tertentu, kondisi keuangan, atau kebutuhan khusus dari seseorang, serta bukan merupakan penawaran atau ajakan dari OCBC Bank untuk memberikan pinjaman atau pembiayaan kepada siapa pun atau untuk melakukan transaksi.

Semua pernyataan atau jaminan terkait informasi apa pun yang diberikan di sini tidak diberikan oleh OCBC Bank. Semua informasi yang diberikan dapat berubah tanpa pemberitahuan. OCBC Bank tidak bertanggung jawab atau tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas kerugian atau kerusakan apa pun yang timbul, secara langsung maupun tidak langsung, terkait atau akibat siapa pun yang mengambil tindakan berdasarkan informasi yang diberikan di sini. Referensi apa pun kepada entitas, otoritas, area, angka, properti, atau kelas aset tertentu dengan cara apa pun, hanya digunakan untuk tujuan ilustrasi dan bukan merupakan rekomendasi.

Konten artikel ini dianggap sebagai informasi hak milik dan tidak boleh direproduksi atau disebarkan secara keseluruhan atau sebagian, tanpa izin tertulis dari OCBC Bank.